Strategi Pemasaran Buku yang Efektif

"Semua orang akan mati kecuali karyanya. Maka tulislah sesuatu yang akan membahagiakan dirimu di akhirat kelak" Ali bin Abu Thalib

Judul : Strategi Pemasaran Buku yang Efektif
Resume ke : 20
Gelombang : 28
Tanggal : 22 Februari 2023
Tema : Strategi Pemasaran
Nara Sumber : Agust. Subardana S. E., M. M
Moderator : Purbaniasita KS, S.Pd.

.                                     

Tujuan menulis adalah untuk menghasilkan karya buku yang akan disajikan pada para pembaca. Ya, Buku merupakan muara akhir dari sebuah proses penulisan. tetapi setelahnya mungkin diantara kita masih  bingung bagaimana cara memasarkan buku yang sudah di cetak.

Karena itulah, otomatis kita harus paham sajian yang diminati oleh masyarakat. Tidak mudah membidik selera konsumen dari berbagai kalangan. Ada strategi khusus yang harus dilakukan agar buku yang kita tulis benar-benar dinikmati sebagai menu yang sangat dibutuhkan.

Maka, Pemasaran Buku menjadi sebuah judul materi yang menggelitik, layak kita simak dan kuasai. Rabu (22/2) malam hadir dalam pertemuan ke-20 KBMN, seorang narsum hebat yang sudah berkecimpung dan berpengalaman lebih dari 18 tahun dalam penerbitan buku, Bapak Agust. Subardana S.E., M.M, Direktur dan Marketing penerbit ANDI, berkenan membagikan pengalamannya tentang Strategi Pemasaran Buku yang Efektif.

Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak sebaiknya  diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.

Dan dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku. 

Sementara itu dalam rangka mempertahankan Industri Penerbitan Buku, supaya tetap terus hidup dan dapat mencapai hasil penjualan buku yang maksimal diperlukan  sebuah strategi pemasaran yang efektif.   

Strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Mengapa demikian, hal ini dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ). Nah, dari jenis – jenis katagori buku tersebut dilakukan pemetaan berdasarkan segmentasi jenis katagori buku yang diterbitkan . 

Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis, sehingga strategi pemasaran di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :

1.  Faktor Mikro , yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2.  Faktor Makro yaitu demografi-ekonomi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya. 

ANDI Offset sebagai sebuah perusahaan penerbit buku dengan usia mencapai 43 tahun, dan telah menerbitkan buku lebih dari 20.000 judul buku memiliki strategi pemasaran buku yang di petakan menjadi dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. 

Dua strategi tersebut dapat dijelaskan secara singkat sebagai berikut : 

A.     Strategi Pemasaran Buku Serangan Udara (On Line) 

Saat terjadi pendemi Covid 19 melanda dunia , dunia bisnis penerbitan pun harus bisa mengikuti perkembangan era digital seperti sekarang ini, karena bisnis tidak akan bisa survive jika tidak mengikuti kemajuan zaman dan juga keinginan customer maka akan dipastikan usaha tidak sebaik sebelum pandemi. 

Adanya internet membawa perkembangan yang signifikan bagi kehidupan kita. Karena itu penerbit ANDI pun saat ini menggarap pasar dengan bisnis On Line,  menggunakan teknik pemasaran terkini yaitu Digital marketing, sebuah teknik memasarkan produk atau jasa dengan mengandalkan media online atau internet. 

Jenis-jenis digital marketing yang diterapkan di Penerbit ANDI Offset terapkan antara lain :

1.  Content marketing adalah salah satu jenis digital marketing yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten untuk target pasar tertentu. Tujuannya adalah untuk menarik aksi menguntungkan dari calon pembeli potensial. Ada banyak pilihan content marketing mulai dari blog, podcast, infografik, dan lainnya.

2.   Search Engine Optimization (SEO). SEO bisa menjadi strategi menarik pengguna internet untuk mengunjungi website Penerbit Andi Offset (andipublisher.com) dan kemudian membeli produk yang kita tawarkan.

3.    Search Engine Marketing (SEM) merupakan upaya untuk mengoptimasi website di mesin pencari, Search Engine Marketing (SEM) merupakan strategi pemasaran digital yang bertujuan meningkatkan visibilitas website di hasil pencarian mesin pencari atau yang dikenal dengan istilah SERP.

4.   Social Media Marketing dengan memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk promosi dan pemasaran suatu brand. Kita bisa menerapkan social media marketing di beberapa platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Tiktok dan lainnya. 

Agar lebih menarik, salah satu metode promosi jualan online yang sering dilakukan oleh pedagang adalah dengan membuat pantun jualan. Pantun sebagai sarana promosi jualan online juga sangat ampuh untuk menarik calon konsumen, khususnya anak muda. apalagi, hampir semua orang saat ini sudah sangat fasih menggunakan media sosial sehingga pemasarannya jauh lebih mudah. 

Contoh pantun promosi di Media Sosial supaya menarik perhatian misalnya;
Pantun 1 :

                Di taman ada banyak kumbang
                Di kali banyak buaya
                Janganlah ragu ataupun bimbang
                Toko online ini bisa dipercaya

Pantun 2 :

                Liburan ke pulau Bali
                Jangan lupa datang ke pantai Dewata
                Ayo beli di toko online kami
                Barangnya cuma setengah harga

5.    Email Marketing.  strategi marketing yang satu ini menggunakan media email untuk bisa menjangkau lebih banyak pelanggan.

6.   Instant Messaging Marketing bisa menjadi pertimbangan kami saat hendak melakukan promosi dan pemasaran produk secara online. Ini merupakan tren komunikasi masa kini, di mana kami bisa memanfaatkan penggunaan Whatsapp, Facebook Messenger, WeChat, dan platform messenger lainnya.

7.  Influencer Marketing. Kehadiran influencer membawa pengaruh besar pada para fans dan pengikutnya. Orang-orang akan lebih tertarik menggunakan barang yang digunakan atau ditawarkan oleh seorang influencer.

8.    Video Marketing untuk melengkapi strategi pemasaran digital yang sedang dijalankan. Video menjadi salah satu media yang bisa kami gunakan untuk tujuan promosi dan pemasaran.

9.   Chanel TV YoutubePenerbit Andi Offset mempunyai Chanel TV Youtube dengan nama ANDI AKADEMI, Pemasaran melalui channel Youtube  juga dinilai sangat efektif karena orang-orang menghabiskan waktu yang lumayan lama di hp android . Saat ini bahkan kita bisa menonton acara secara online melalui layanan live streaming. 

Tentunya promosi dan pemasaran buku lewat Online tersebut harus dilakukan secara proaktif , supaya kita dapat :

  • Menyebarkan informasi produk secara masif kepada target pasar potensial
  • Mendapatkan konsumen baru dan mempertahankan konsumen yang sudah sehingga kesetiaan konsumen terjaga.
  • Menjaga kesetabilan penjualan saat kondisi pasar lagi lesu
  • Menaikkan penjualan dan profit
  • Membandingkan dan keunggulan produk dibandingkan dengan pesaing
  • Membentuk citra produk dibenak mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan
  • Mengubah tingkah laku , persepsi dan pendapat konsumen 

Selain Digital Marketing diatas, Pemasaran Buku dapat dilakukan lewat Komunitas.

Kita tentunya punya komunitas masing – masing sesuai dengan kapasitas kita untuk membentuk komunitas dan relasi, maka gunakanlah jaringan komunitas kita untuk sarana promosi dan penjualan buku. Penjualan lewat komunitas  akan lebih efektif dan efisien sehingga tingkat keberhasilan nya lebih tinggi penjualan buku yang kita tawarkan. Kuncinya kita harus proaktif berkomunikasi dan interaksi dengan komunitas serta dapat menjaga integritas pribadi kita.

 Contoh : Komunitas Arisan, Komunitas Guru , Pelajar , Mahasiswa dll

B.    Strategi Pemasaran Buku Serangan Darat (OF LINE )

Agar dapat menguasai seluruh wilayah nusantara dalam penetrasi pasar buku, maka penerbit ANDI melakukan pemetaan wilayah dengan membuka cabang tiap kota besar yang potensi pasarnya sangat baik. Penerbit Andi telah mempunya 43 cabang di kota dari Aceh sampai dengan Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut. 

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

 

1.    Toko Buku

Penerbit Buku yang mampu memproduksi sendiri dan mempunyai mesin percetakan sendiri , sebagian besar sebagai pemasok Toko buku di Indonesia. Untuk bisa masuk dan sebagai pemasok rutin di toko buku maka  perlu pemetaan jenis toko buku, hal ini dikarenakan tiap jenis toko buku tersebut mempunyai sistem administrasi dan tempat yang berbeda.

Toko buku ini kita petakan menjadi tiga jenis yaitu Toko Buku Modern, Toko Buku Semi Modern, dan Toko Buku Tradisional.  

Contoh toko buku modern yaitu Gramedia Books Store, Gunung Agung Books Store dan Toga Mas Books Store. Toko Modern ini mempunyai sistem transaksi mengikuti perkembangan teknologi yang dapat dikendalikan dengan sistem centralisasi dan sebagainya. Adapun toko buku semi modern biasanya masih dikendalikan dan mengunakan sistem administasi penjualan per toko.  Sedangkan Toko Tradisional biasanya sistem transaksinya masih manual . 

Untuk itu saluran toko buku tersebut di atas masih dijadikan jalur distribusi oleh para Penerbit buku dengan sistem titip jual / konsinyasi, kecuali toko buku tradisional diberlakukan kredit dan jual putus. 

Strategi Promosi di toko buku Modern ada berbagai macam cara yang perlu dilakukan , antara lain :

  • Menguasai display buku , supaya tampilan buku dapat terlihat dan menonjol.
  • Mengadakan promosi di internal toko dengan memasang produk di Neon Box, X Banner
  • Mengadakan Bedah Buku , Talkshow dan potongan Harga pada buku tertentu atau periode tertentu.
  • Mengadakan event tematik sesuai moment bulan berjalan (program Ramadhan,  Program TAB, Program TAM, dll )

Dan masih banyak lagi program promosi di toko buku modern yang dapat kita lakukan , kuncinya kita proaktif komunikasi dengan pihak internal Toko Buku modern tersebut.

 2.  Direct Selling / Kunjungan Langsung

Pemasaran Buku melalui Directselling ini kita petakan berdasarkan jenis katagori buku yang kita terbitkan . Jenis Katagori buku penjualan lewat Directselling ini kita bagi menjadi beberapa target pasar yaitu :

  • Buku Pendidikan (Buku mata pelajaran Utama dan buku pendamping untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK).
  • Buku Teks Perguruan Tinggi untuk semua mata kuliah
  • Buku Referensi untuk jenjang TK, SD, SMP, SMA-SMK , Perguruan Tinggi dan umum

Dengan pemetaan jenis katagori tersebut diatas maka kami sebagai Industri Penerbitan buku melakukan terobosan pemasaran dengan menempatkan tenaga penjual (Sales) . 

Tugas Tenaga Penjual / sales tersebut kita beri tanggungjawab target sesuai maping areanya masing – masing yang bertugas :

-   Kunjungan langsung ke tiap sekolah

-   Kunjungan langsung ke setiap kampus

-   Kunjungan langsung ke setiap Perpustakaan sekolah, Perpus Kampus, Perpustaan Daerah dan lainnya.

Dengan kunjungan langsung tersebut diharapkan dapat berinteraksi dengan membangun hubungan yang baik dengan pihak Internal Sekolah, Kampus, Perpustakaan dan lainnya. Sehingga dampaknya hasil penjualan buku dapat meningkat. 

3. Melakukan Event – Event

Strategi pemasaran buku secara of line berikutnya adalah aktif dalam melakukan event – event  seperti event Pameran buku, dalam seminar, workshop, Tryout, dan sebagainya.

Demikian ilmu yang dapat kita serap dari penjelasan bapak Agus selaku Direktur dan Marketing Penerbit ANDI tentang  Strategi pemasaran buku yang efektif. Tentu, masih banyak upaya lain yang dapat dilakukan sebagai strategi pemasaran buku yang terus berkembang.

Semoga bermanfaat bagi pembaca, dan segera hubungi penerbit ANDI Offset jika karya anda ingin dibukukan😊!

Post a Comment

أحدث أقدم