Belajar Asyik dengan Blog

Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. There is a will, there is a way.

Resume ke : 5
Gelombang : 28
Tanggal      : 18 Januari 2023
Tema           : Blog Sebagai Media Pembelajaran
Narasumber: Dail Ma'ruf, M.Pd.
Moderator   : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd
 


Tak dapat terelakan, masyarakat kini semakin bergantung pada internet dalam menunjang aktivitas sehari-hari, Untuk itu internet harus dapat kita gunakan untuk dapat terus terhubung dengan yang lain. Salah satu bentuk penghubung informasi di internet adalah blog.

Seperti halnya media sosial lain seperti FB, IG, Email , Tiktok, dan You Tube, Blog adalah sebuah laman daring yang dibuat untuk mewadahi kumpulan konten daring yang dapat diakses oleh orang lain.

Banyak manfaat yang bisa diambil dari blog, tak terkecuali dalam dunia pendidikan. Sudah seharusnyalah sebagai seorang guru kita dapat mengambil hal positif dari keberadaan blog dan memanfaatkannya sebagai media pembelajaran yang efektif.

Kamis malam (18/1), Kelas Belajar Menulis Nusantara, gelombang 28 kembali membuka ‘kuliah Wathshap’ dengan menghadirkan nara sumber Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd, dan Purbaniasita KS, S.Pd sebagai moderator, untuk membahas secara mendalam tentang Blog Sebagai Media Pembelajaran.

Bapak Dail Ma'ruf, M.Pd, adalah seorang penulis buku yang produktif. Dan beberapa buku diantaranya tercipta berkat ketekunannya menulis dalam Blog. Untuk mengetahui apa itu blog, jenis-jenis blog dan manfaatnya sebagai media pembelajaran mari kita simak ulasannya berikut ini. 

    Karya-karya buku Dail Ma'ruf

Apa itu BLOG?

Kata “blog” berasal dari kata weblog yang diperkenalkan pertama kali pada 1998 oleh Jhon Barger. Berger memberi nama weblog untuk mengkhususkan istilah website yang bersifat pribadi dan sering diperbarui dari waktu ke waktu. Dengan kata lain, blog adalah website yang bersifat personal, yang memuat opini personal dan hal hal lain untuk mengaktualisasikan diri dan mengabarknnya pada komunitas global

Jadi pada dasarnya, pengertian blog adalah “web log”, yang berarti website untuk menyimpan “log” atau catatan, yang dikelola oleh satu atau beberapa blogger.

Apa itu blogger? Blogger adalah orang yang membuat atau memiliki dan mengelola blog, membagikan pandangan serta perspektif kepada audiens untuk tujuan pribadi maupun bisnis. Blogger juga merupakan nama layanan blogging dari Google, dengan alamat Blogger.com atau yang sering kita jumpai sebagai Blogspot.

Jenis – Jenis Blog

Ada 12 jenis blog yang dipaparkan Dail Ma'ruf, M.Pd., yaitu:

1. Blog pendidikan, biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.

2. Blog sastra, atau litblog (literary blog), berisi masalah yang berkaitan dengan dunia sastra.

3. Blog pribadi disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.

4. Blog bertopik, yaitu blog yang membahas sesuatu masalah/topik tertentu, dan fokus pada bahasan tertentu.

5. Blog kesehatan, lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-keterangan tentang kesehatan.

6. Blog politik berisi tentang berita politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (seperti kampanye)

7. Blog perjalanan, fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan.

8. Blog riset, berisi persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.

9. Blog hukum, berisi persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws)

10. Blog media, berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi.

11. Blog agama, membahas masalah yang berkaitan dengan agama.

12. Blog bisnis, digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka.


Manfaat Blog Bagi Pendidikan

Minimal ada 5 manfaat dari Blog yang dipaparkan Dail Ma'ruf, M.Pd., yaitu :

Pertama, Blog sebagai rumah belajar dan berbagi guru
Artinya, kreativitas dan kegemaran guru dapat disalurkan melalui blog, seperi kreativitas dalam menulis, maupun karya-karya lainnya.

Kedua, Blog dapat meringankan tugas dan beban guru dalam mengajar,
Blog akan memudahkan guru karena segalanya dapat dimasukkan ke dalam blog. Misalnya, materi pelajaran, tugas siswa, informasi nilai siswa.

Ketiga, Blog dapat meningkatkan minat dan hasil belajar para siswa
Transformatika, Volume 12 , Nomer 1, Maret 2016 ISSN 0854-8412 125 menyatakan “dengan blog, seorang guru dapat memposting suatu permasalahan atau materi pelajaran yang disusun dalam suatu bahasa yang formal tetapi lebih santai.

Gambar Grafik Hasil Penelitian Sartono Guru SMA Negeri 2 Magelang tentang pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Alternatif di Sekolah

Keempat, Blog dapat diakses oleh siapa pun di belahan dunia.
Dengan blog, guru bisa berbagi materi pelajaran tidak hanya untuk siswanya, tetapi juga setiap orang orang yang membutuhkan pemikirannya di mana pun mereka berada dengan mudah dan murah.

Kelima, Blog dapat menjadi media silaturahim.
Blog dapat dijadikan sebagai sarana untuk bertemu secara tidak langsung dan dapat menjalin komunikasi satu sama lain karena blog dapat diakses oleh siapa pun di seluruh dunia.

Pada kesempatan tersebut, Dail Ma'ruf, M.Pd., juga mengutip pendapat Om Jay sebagai Bloger KBMN yang telah membuktikan bahwa prestasi murid mengalami peningkatan signifikan dengan media Blog Kolaboratif. Menurut Om Jay, penerapan Media Blog dapat diterapkan dalam semua pelajaran baik jenjang SD hingga Perguruan Tinggi. Blog juga bermanfaat meningkatkan kemampuan menulis dan literasi siswa.

Sementara itu, Mayor Nani Kusmiyati dalam lamanblognya, menceritakan bahwa beliau memanfaatkan Blog untuk mengirimkan tugas-tugas ke siswa dan meminta siswanya menjawab di blog mereka dan mengirmkan linknya ke group. Beliau juga juga memberi tugas ke siswa lain untuk berkunjung ke blog teman-temannya (Blog Walking) minimal dua blog. Namun demikian, Mayor Nani tidak dapat memaksa mereka untuk visit ke semua blog karena mereka juga mendapatkan banyak pekerjaan rumah dari guru berbeda.

Sebagai seorang guru dan Dail Ma'ruf, M.Pd.,juga sukses menggunakan Blog sebagai media pembelajaran. Berikut adalah contoh pemanfaatan Blog pribadi narasumber yang telah dipraktikan sebagai media pembelajaran bagi siswa-siswanya.

Gambar beranda blog Dail Ma’ruf

Demikianlah ulasan dan resume pembahasan pertemuan ke-5 Kelas Belajar Menulis Nusantara, gelombang 28. Semoga memberikan pencerahan dalam pemanfaatan blog dan dapat menjadikan Blog sebagai pilihan media pembelajaran bermakna bagi siswa. Tidak hanya sebatas sebagai media dan sumber belajar, dengan menjadi seorang Bloger, baik guru ataupun siswa dapat mengembangkan potensi yang ada pada diri khususnya dalam bidang literasi. Selamat mencoba dan have fun dengan blog.


^Salam Literasi
^Berkarya tanpa batas

7 تعليقات

  1. Resume yang mantap. Lengkap dan informatif luar biasa. Moga kelak bisa jadi buku solo.

    ردحذف
    الردود
    1. Terimakasih banyaak pak sudah mampir dan memberi suntikan semangat. Amiin, semoga terwujud☺️

      حذف
  2. Bagus, dan runtut tertulis dg rapi semuanya. Keren... keren..... keren....... Bunda suka sekali. Habis kegiatan ada ujian, kita bisa nyontek ini. Hi hi hi...

    ردحذف

إرسال تعليق

أحدث أقدم